18 Jun 2013

Dunia kuliah tak seindah yang terlihat di film...

Posted by Audy at Selasa, Juni 18, 2013
-prolog-
Suatu hari kamu pergi ke suatu mall dan jatuh cinta sama 2 boneka, keroppi sama cinamoroll, tapi kamu harus milih satu dari dua. Kemudian kamu minta rekomendasi dari cowo kamu dan dia milih boneka cinamoroll, dengan muka sumringah akhirnya terbelilah 1 boneka cinamoroll. Tapi ga lama kemudian sesampenya dirumah kamu kepikiran boneka keroppi tadi karna kalo ditimbang-timbang lebih lembut dan lebih murah.
Jadilah seminggu kamu ngambekin pacar garagara dia yang ngerekomendasiin boneka cinamoroll, dalam kata lain cowo yang salah. IYA, COWO EMANG SLALU SALAH...

Ah cewe emang suka gitu, yang mutusin sapa yang diambekin sapa, yang salah sapa yang kena sapa. Terima aja, kodratnya emang begitu, cewe selalu benar dan cowo akan selalu salah *pukpukin para cowo* *mayan kesempatan*

So, inti cerita ini bukan tentang murah mana antara cinamorrol sama keroppi, seberapa lama kamu ngambekin pacar, atau lebih cakep mana antara cowo kamu atau cowo audy,eymm rumpitaa deeyy...
Nah, inti yang pengen audy ambil adalah...manusia emang gitu, udah dapet yang ini pengen yang itu, udah dapet yang itu pengen balik yang ini *if you know what i mean* *iyain aja ya? Iya* ~
Iya, karena hidup itu dilema, sedilema waktu kamu...

Pas SD...
Kalo dipikir-pikir masa SD itu masa paling membahagiakan, masa ga ada beban hidup yang kompleks, masa dimana siklus harian sesederhana "pagi sekolah-siang boci-sore ngaji-malem main bareng temen sekomplek" berjalan menyenangkan. Masa dimana hari minggu itu harinya kartun, masa dimana kegiatan diluar sekolah begitu menyenangkan, drum band, les bahasa inggris, les sempoa, les pelajaran, ngeband...
Kelas 1...2...3...4...5...6... mulai ada bosen sama SD,liat kakak kelas yang udah masuk SMP pengennya cepetcepet nyusul, udah bosen banget, iya bosen 6 taun pake seragam putih (menguning)-merah,bosen tiap senen musti beli dasi di toko depan sekolah karna slalu ilang,bosen liat kaos kaki tementemen yang terlalu sering dipake sampe molor-molor dan udah ga jelas warnanya apa,bosen dianterjemputin pak ojek tiap hari, bosen takut suntik imun massal tiap taun, dan paling bosen karna guru dan temennya itu itu aja *sigh*

Pas SMP...
Dunia SMP emang beda banget sama dunia SD. Ada upacara rutin tiap senin, ada yang namanya Bimbingan Konseling, ada guru yang beda-beda tiap mata pelajaran, ada ekskul-ekskul kece, dan tentu saja organisasi sekolah paling keren "OSIS" .
Kekerenan ga brenti sampai situ aja, jajanan di sekolah udah bukan cireng, es roti, atau es potong depan sekolah. Mainnya udah ga engkle (congklak), lompat tali, atau tebak-tebakan sponsor. Cerita gosipannya juga udah bukan lagi hantu-hantuan atau petualangan-petualangan yang aneh dan ngibul abis. Iya awalnya, tak lama kemudian...
Duh SMP rasanya cupu dan nanggung banget ya umurnya. Dibilang bocah ga mau, dibilang abege juga belom. Pengen buruburu SMA aja deh, eniwei balik SD juga ga mungkin.
Hmm iya pengen SMA, kebelet pake putih abuabu, kebelet nge-gank kaya yang di felem felem, kebelet gahuls gituh, padahal tulisan di sms sama friendster aja masih gede-kecil-huruf-angka. Pret!

PAS SMA...
Udah masuk SMA, udah seneng, apa yang kebayang terealisasi 30% sesuai keinginan. Seragam baru, temen baru, punya kakak kelas charming, jalin persahabatan-yang-tak-terputus-walau-apapun-rintangannya,dan yah gitulah.
Sisa 70%nya? Makan tuh tugastugas sekolah!
Ujungujung masa SMA (kelas XII) udah berasa kaya yang punya sekolah. Bukan semacam nyapu lapangan basket, ngepel musholla atau piket ngesatpam disekolah, BUKAN, tapi jadi semacem ada rasa "gue yang paling lama disini" . Ah namanya juga remaja...ngga nyadar ya guru-guru sepuh itu yang paling lama di sekolah, bukan kalian. Ngelangkahi kuasa aja... -__-
Pas udah senior itu emang asik ya ngebully adek kelas, nongkrong dan boikot kantin sepanjang hari, apa-apa menang sediri. Jalan setengah taun, pas deketdeket ujian akhir aja baru minta maaf sama adek kelas, tobat gitu tongkrongannya pindah di masjid, belajar tekun, lebih diem, dan sok-sokan beban hidupnya udah berat banget ngelebihin siapapun makhluk semesta raya. Bhik!
Nah disini pikiran "enakan jaman SMP" muncul, dan sekali lagi kalian sadar kalo udah ga bisa balikin waktu...
Dan selanjutnya bayangin lagi, kuliah pasti lebih enak dari ini. Lebih sante, ga ada lagi setumpuk latihan-latihan soal, ga ada lagi berangkat menuntut ilmu dengan beban punggung kaya kura-kura ninja, lebih bisa begahul, pake baju bebas, ngga masuk kuliah tinggal nitip absen...

PAS KULIAH...
Cieee maba, cieee udah ga pake seragam, cieee jam kuliahnya lompat-lompat ga full seharian, cieee ngumpulin tugas udah tinggal upload di e-learning tanpa ketemu dosen, cieee...
Selamat datang di dunia kampus ^^
Jadi gimana? kuliah itu enak? Ngga enak? jadinya pengen apalagi? APALAGI GIRLSSSSS? *sabaaar*

Masih berpikir kalo kuliah itu...
longgar dan lebih sering masuk siang?
punya jam efektif cuma beberapa puluh menit aja?
dosennya jarang masuk?
bertabur dosen muda, ganteng, mapan, nan siap berumah tangga?
temen kuliahnya borju, kece abis, dan ga ada yang kamseupay?
bisa tampil pake baju seksi plus rok mini dengan berkilo-kilo kalung menggantung, gelang membelit, dan heels/ wedges berpuluh-puluh senti? [iku EGRANG, semprul! x)]
pulang kampus ga ada yang namanya tugas, bisa nongkrong mall sana-sini? atau ngikut casting talent jika aku menjadi? atau ngikut audisi Indonesian Idol?
atau yang lebih drama "mencari ibu yang hilang diculik mantan gebetan, trus malemnya pulang dengan tangan hampa tanpa membawa ibu kembali kemudian jalan terseok-seok dibawah derasnya guyuran hujan" ?
Bhik! :’)

Dunia perkuliahan itu miniatur kehidupan
Absolutely, ternyata kuliah ngga seindah dan sesederhana seperti apa yang keliatan di film-film, girls.
Kuliah itu kompleks, dunianya udah semacem miniatur kehidupan kelak.
Kok bisa?

  • Temen-temen di kampus ngga seluruhnya masih tulus dan mengerti kamu kaya pas masih SMA. Semua berdiri sendiri, semua punya misi dan ambisi masing-masing. Semua punya sifat yang berbeda, ngga semua yang terlihat di depan itu sifat aslinya, ada sifat lain yang mungkin ngga kamu tahu. Ini poin pertama
  • Deadline dan kenggamautauan dosen atas jungkirbalik-keujanan-kebocoran banmu mengajarkan kamu profesionalitas dan tanggung jawab. Ini pelajaran kedua, CATET
  • Kenal banyak relasi mulai dari dosen, temen dari beragam daerah-angkatan-fakultas-kampus, sampai civitas akademika itu penting, sekali lagi PENTING sodarasodara. Kaya kata pepatah, banyak channel banyak rejeki...hehehe

Ada...ada...
Ada tuntutan untuk mengalihkan mindset anak SMA ke mindset mahasiswa.
Ada tanggungjawab untuk ngatur diri sendiri, dunia pribadi, dunia perkuliahan, dan dunia lain (?) (...)
Ada keharusan untuk mencari relasi seluas-luasnya supaya semua urusan kampus lebih gampang.
Ada pilihan untuk jadi penerus bangsa yang sekedar "kejar cumlaude-beasiswa-dapet gelar sarjana" atau merubah negeri ini jadi lebih baik #tsaaah


*sigh* Kesibukan yang harus dibagi Audy untuk kegiatan-kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa, Tim Closing Concert, Kepanitiaan ospek, Kepanitiaan lomba paduan suara, Freelancer TV lokal, dan tentu saja kuliah di masa ini semoga bisa bikin audy belajar untuk jadi insan yang lebih dewasa, matang, dan siap berumahtangga menjalani kehidupan "sesungguhnya" di masa depan. Amin 

So, gimana? mau nikmatin dan nerusin perjuangan di dunia kampus? pengen cepet lanjut nikah? atau balik kecil lagi?
Pilihan ada di tanganmu. Jiayou! HIDUP MAHASISWA! :3

18 komentar:

  1. lagi lagi yang lucu ya,, seneng bacae.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lucu apanya dina? ._.
      bytheway makasih udah mampir :)

      Hapus
  2. yang jelas ga bisa balik ke masa-masa tanpa dosa itu alias SD lg mba !! heheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pasti bisa. banyakbanyak berdoa dan berikhtiar aja #salahfokus (--, )

      Hapus
  3. Tulisannya ngena banget bawa kita flashback ke masa-masa sekolah dulu . hehe like it mbak

    BalasHapus
  4. ini kayak filem drama kolosal ya jadinya, bukan ftv :D
    hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini tulisan bukan film bi :p

      Hapus
  5. Iiihhh tulisannya unyuuuu banget :) ...

    BalasHapus
  6. Aduhh pendidikan TK ko' gk di sebutin mba' ???

    BalasHapus
  7. Bentar lagi masuk dunia kuliah nih. Bagi tips dong mbakdaus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga ada tips khusus. Jangan ikut arus, inget tujuan kuliah dan orang tua yang biayain kuliah, jadi diri sendiri. Selamat menikmati cantik ;)

      Hapus
  8. Gue adalah seorang cowok yang ngesearch google, "Kehidupan dunia kuliah" ...eh nyasar ke blog ini, buat cewek pula. Hahahah. #tepokjidat

    Btw thanks, keren tulisannya.

    ( Filosofi Remaja - http://filosofiremaja.blogspot.com )

    BalasHapus

Tulis "blabla"-mu disini :)

 

A U D Y's World Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea