5 Agt 2013

Aku cinta Perikanan Kelautan : Yang harus kamu tau dari Lumba-Lumba...

Posted by Audy at Senin, Agustus 05, 2013
Emang bener kata pepatah, "witing tresno jalaran soko kepekso kulino". Audy sekarang udah mulai cinta nih sama dunia Perikanan Kelautan, nah dari itu Audy mau nularin cinta buat kalian boy, girls, wkwk..
Bytheway, audy ngga bakal bahas masalah morfologi atau fisiologi ikan disini yaa, audy ngerti bingit kalian pasti masabodo, kalian pasti punya pikiran "eh, audy udah kaya wikipedia aja nih" atau "hell-o, aku ngga lagi kuliah di perikanan kan?" gitu. Jadi yang bakal audy bahas disini yang ora umum wae . Oke tah?


emmuuuacchh!

Dan posting-pertama-yang-ada-ilmunya ini bakalan bahas tentang Lumba-lumba,

mengingat udah menginjak bulan kemerdekaan gitu, kan biasanya dikampung suka ada lumba-lumba agustusan buat anakanak gitu kan...
...
...
...
...
Audy tertarik banget buat ngulas hewan cerdas yang satu ini karena dia emang famous diranah dunia hiburan. Mulai bidang film, ada drama mandarin judulnya "At The Dolphin Bay" sampe ratusan lagulagu. Dan sampe sekarang audy ga pernah paham sama salah satu lagu berbau lumba-lumba yang liriknya gini..

"Si lumba-lumba (nyam nyam) bermain bola (nyam nyam)"
"Si lumba-lumba (nyam nyam) bermain api (nyam nyam)"
"Si lumba-lumba (nyam nyam) menghitung angka (nyam nyam)"
"Itulah dia si lumba-lumba..."

Apa banget gitu maksudnya pake nyamnyam? trus Mas Bondan pikir lumba-lumba itu Si Madun? Avatar? Kalkulator?

Oke aku ngga pernah paham sama Mas Bondan, Bye!

Duh mesti ngelantur (┛ˋДˊ)┛彡┻━┻
wes ini loh inti postinganku  (ʃ_⌣̀ )/|

Dimulai dengan klasifikasi...hehehe

Kerajaan      : Animalia
Filum           : Chordata
Kelas           : Mammalia
Ordo            : Cetacea
Upaordo       : Odontoceti
Famili          : Delphinidae

Bukan golongan pisces, sist!

FYI, meskipun morfologi dan habitat hidupnya tergolong sama kaya ikan-ikan lain, tapi lumba-lumba bukan termasuk dalam golongan "pisces",melainkan termasuk dalam golongan mamalia karena bernafas dengan menggunakan paru-paru. Kenapa paru-paru? mungkin menurut mereka bernafas dengan menggunakan insang sudah terlalu mainstream...mungkin...

Mamalia? lumba-lumba menyusui, dong?
Yaps! pengen tau caranya?
Caranya, induk lumba-lumba menggerakkan otot di kelenjar susunya buat nyemprotin air susu ke mulut anaknya. Jadi kalo dipraktekkan sama halnya kaya mencet botol susu pake tangan kita,trus air susunya nyemprot keluar deh..
Dih keren..air susunya muntjrat tjoy! wkwk

Mama jangan banyak tingkah, aku neteknya susah :(

Tahukah kamu?

Lumba-lumba ternyata ngga punya indra penciuman (bukan berarti ngga bisa napas lo yaaa) dan juga buta..
Tapi, Allah sudah mempersiapkan kelebihan dibalik semua kekurangan.
Iya, lumba-lumba punya pendengaran yang sangat tajam dan dapat mendengar suara yang jauhnya berkilo-kilometer. Subhanallah ^^


Lumba-lumba, bobonya gimana?





Kerja otak lumba-lumba untuk urusan bernafas beda sama kita. Kalo kita kan nafasnya ngga pake "wah abis ini aku mau napas nih, brb nyari udara seger dulu" atau "duh ngeluarin napas ntar sungkan lah kalo bau" *oke itu kentut*
Yak intinya manusia itu kalo napas refleks aja udah, enak...

Nah ini beda nih sama lumba-lumba ples mamalia laut lainnya, mereka ngga punya refleks pernafasan. Memang bermanfaat sih buat mereka karena mereka ngga bernafas secara kontinu kaya kita, cukup ambil nafas sesekali untuk waktu yang cukup lama, baru kemudian ambil nafas lagi. Yaiyalah berroh, didalem air mau nyedot udara dimanaa...


Nah pertanyaannya, kalo mekanisme pernafasan mereka harus secara sadar, pas lagi bobo gimana?

Lumba-lumba itu punya 2 bagian otak (kiri-kanan). Uniknya 2 otak ini bisa dikendalikan secara terpisah.
Waktu bobo, 2 bagian otaknya ngga bobo semua, tapi gantian jaga. Kalo si kiri lagi bobo, brarti yang kanan jaga, gitu sebaliknya. Ini yang bikin lumba-lumba tetep ngga kehilangan keseimbangan, sekaligus tetep siaga yaa kalo kalo ada ancaman bahaya,gitu..
O iya, karena bobonya sebelah otak, jadi meremnya juga sebelah, istirahat siripnya juga sebelah, unyu ngetz kan :3

"Lumba-lumba kalo bobo itu melayang, ngga ngapung banget dipermukaan, ngga didasar tapi di tengah hampir di dekat permukaan air, trus ga banyak bergerak"

kaya gini...


apeu liat-liat!

Iya gitu kalo bobo, siripnya satu vertikal satu horizontal.
Matanya juga satu merem satu melek.
Kamu bisa kaya gitu?

Hey, ada lumba-lumba merah jambu!

Kenalin, namanya boto, panjang tubuhnya kurang lebih 2,7 meter, bobotnya nyampe 136 kilogram. Boto bisa hidup sampe usia 30 tahun. Kewren!

ini dia boto..






Oke sepertinya salah upload.
Ini nih , Boto...


haaaaeee...


Wih, pinknya editan photoshop nih..
Ahelaah, 2013 udah ndak jaman foto-foto edit buat bokis. Aseli ini, pinknya langsung dari Sang Pencipta hehehe...

Boto ini emang punya warna pink asli, pinknya terpengaruh beberapa hal:

  • sel-sel kulitnya yang terpengaruh dengan suhu lingkungan tempat tinggalnya
  • pembuluh darah yang berada dekat sama kulit
  • juga terpengaruh sama usia mereka. Katanya sih, makin tua, kulitnya semakin memerah. Aww :3
Tapi, Boto ini juga ngga melulu warna pink, bosen kaliii. Waktu lahir kulit baby Boto warnanya masih abu-abu kehitaman. Trus Boto kadang juga bisa berwarna biru gelap atau bahkan albino, sesuai sikon gitu deh. Pas maen maybe kelupaan pake sunblock :')

Di Mana Rumahnya?
Nggak kaya spesies lumba-lumba lain yang memilih tinggal di laut, rumah Boto ada di sepanjang Sungai Amazon, Amerika Selatan. Menurut beberapa ilmuwan Amerika, leluhur Boutu (nama lain Boto) masuk ke Sungai Amazon lewat Samudera Pasifik 15 juta tahun lalu.
Mereka hidupnya individual, semacam apatis gitu wkwk. Yah alasan ilmiah sebenernya kenapa Boto ngga hidup berkoloni adalah karena ngga ada predator yang mengancamnya.........maksud audy kecuali manusia.

Berburu ah, buat peliharaan dirumah!
Mau berburu Boto? coba dipikir-pikir dulu...
Boto dikenal punya kecerdasan tinggi dibanding spesiesnya yang lain. Bahkan, hewan ramah ini memiliki kapasitas otak 40 % lebih besar dari manusia. Makanya, jangan coba-coba menipu Boto.
Masih mau berburu Boto?

Adakah Legendanya?
Menurut legenda Amazon, Boto bisa berubah jadi cowok ganteng di saat malam dan suka merayu gadis-gadis di desa sekitar sungai. Setelah matahari terbit, Boto kembali menjadi lumba-lumba. Kalau kita membunuh lumba-lumba pink ini, pasti akan mengalami kesialan. Legenda lain menyebutkan Boto sebagai penjaga hewan langka,  Manatee atau “sapi laut” (sejenis duyung)
Ah boto ganteeeng, come to mama naaak (づ ̄ ³ ̄)づ

Oke segini dulu ya posting pintar!-nya, sambung lagi posting selanjutnya [ya kalo ga males nyari informasi]
Kecup mesrah dari putri duyung, mwah!


(postingan diambil dari berbagai sumber dengan peng-alay-an seperlunya)

6 komentar:

  1. wew, mbak audy udah ndewo gini rek

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndewo uopo, cuma modal gugel kok :D

      Hapus
  2. Uaaw, baru tau :D Unik yak tidur separo. Satu lagi, pingin nyawat boto pas drmu ngasih gambar boto plastik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D
      hap! tangkep boto ganteng. hahaha
      o iya besok besok aku bahas lele deh, favoritmu hihi ^^

      Hapus
  3. ga ngebosenin dy d: nambah ilmu...(: aku yang anak kim*a ga tertarik nulis tentang itu tadi yang aku sebut , --" xixixi... astaghfirulloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :3 mwahaha
      Nulis kimia bisa dimulai dengan...emm...bahas tentang botol botol laboratorium unik, atau rantai-rantai kimia yang unyuh gituh, mwihihi. mangatz yaa calon S.Si :3

      Hapus

Tulis "blabla"-mu disini :)

 

A U D Y's World Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea